Oleh: dizzman | September 9, 2017

Tujuh Tahun Berlalu, Saatnya Kini Kembali

Tak terasa blog ini telah lama saya tinggalkan, tepatnya tujuh tahun lebih enam bulan sejak tulisan terakhir pada bulan Maret disini. Sejak platform Politikana almarhum, blog ini ikut terkubur bersamanya karena sebagian besar tulisannya juga saya tulis disana. Selama kurun waktu tujuh tahun tentu sudah banyak peristiwa berlalu, sebagian saya tuliskan di platform Kompasiana karena disanalah saat ini saya bernaung dan memenangkan beberapa lomba penulisan.

Blog ini kembali saya hidupkan karena ada sebuah lomba yang mensyaratkan blog pribadi dengan usia minimal setahun. Untungnya saya masih bisa membuka blog pribadi ini walau telah lebih dari tujuh tahun ditinggalkan, dengan mencoba beberapa password yang masih saya ingat. Terima kasih wordpress yang tidak serta merta menutu blog ini setelah beberapa tahun berlalu.

Telah banyak perjalanan saya lalui selama tujuh setengah tahun meninggalkan blog ini. Dalam kurun waktu 2010 – 2017, alhamdulillah saya berhasil menjangkau 34 Provinsi di Indonesia. Pada tahun 2013 sempat bertugas di Kupang, NTT selama sekitar enam bulan dan disanalah paspor saya buat karena berniat mengunjungi Timor Leste. Namun ternyata saya tidak perlu cap paspor kalau hanya sekedar menyeberang ke Batugade saat itu. Jadilah bulan Mei tahun 2014 sebagai tahun pertama saya mencap paspor di Singapura. Sudah agak tua memang, tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Saya masih ingat sekitar tahun 2003 batal berangkat studi banding ke Singapura dan KL karena belum sempat bikin paspor dan masih sulit mengurusnya ketika itu. Saya lalu bersumpah akan berangkat luar negeri dengan uang sendiri sepuluh tahun lagi. Sumpah itu terealisasi 11 tahun kemudian, dan sejak itu jalan-jalan ke luar negeri menjadi seperti minum obat, tidak bisa lihat tanggal merah kejepit langsung pesan tiket. Hingga saat ini telah 16 negara dikunjungi dan akan bertambah lagi di masa datang.

Semoga masih ada rezeki yang akan menerbangkan saya melanglang buana ke seluruh dunia. Saatnya saya kembali menulis disini, setelah tujuh tahun terlampaui.


Tinggalkan komentar

Kategori